Wednesday, October 28, 2009

George Soros - An Illustrated Biography

George Soros - An Illustrated Biography, ini adalah buku seri komik yang dibuat oleh Kaoru Kurotani--seorang ilustrator dan kartunis Jepang.

Pada komik seri tokoh dunia bergenre bisnis investasi ini, Kaoru mencoba mengajak kita untuk menapaki kisah hidup George Soros yang disinyalir sebagai investor paling tangguh dunia. Buku setebal 185 halaman ini menyajikan cerita-cerita menarik yang disampaikan Kaoru lewat goresan kartun yang apik dengan alur cerita bersifat eklektik (campuran).

Bermula dari kisah kehancuraan Bank of England--dimana Pound mengalami devaluasi, nama George Soros mulai diperbincangkan dan menjadi 'nama beken' dalam surat kabar harian (daily mail). Ia dituduh sebagai satu-satunya orang yang menhancurkan Bank of England. George Soros mulai dikenal.

Ia lahir di Budapest - Hungaria dari keluarga yahudi dengan nama asli Dzjchdzhe Shorash. Ketika Soros berusia 9 tahun, Perang Dunia II pecah karena invasi Adolf Hitler ke Polandia tanggal 1 September 1939. Hitler melakukan pelucutan dan genosida sistematis terhadap orang Yahudi. Sejak itulah keluarga Soros lari ke persembunyian dengan identitas palsu untuk mempertahankan hidup melawan pasukan Jerman. Soros berganti nama menjadi Janos Kiss.

Perang berakhir, Jerman menyerah tanpa syarat. Pengalaman masa perang itu telah mempengaruhi pandangan Soros terhadap dunia serta menimbulkan pertanyaan dalam dirinya tentang kekuasaan dan rasionalitas manusia.

Soros pergi ke London untuk menempuh pendidikannya di London School of Economics. Namun studynya tidak begitu mulus, skripsi tahun terakhir kuliahnya, "The Burden of Consciousness" tidak pernah selesai. Cita-citanya untuk menjadi filsuf gagal, wartawan pun tidak. Ia lalu menjadi Sales, namun dirasakannya bukan hal yang cocok dengan jati dirinya. Lalu ia menyadari bahwa kemampuannya ada pada bidang pengelolaan investasi.

Menjadi Pialang Arbitrase emas dan ekuitas adalah karir perdanya di London pada Perusahaan Singer and Friendlander. Lalu pindah ke New York atas ajakan Robert Mayer. Dan di sanalah George Soros mulai dikenal dan mengukir nama besarnya. Dan di sana pulalah Soros menerbitkan buku perdananya yang berjudul The Alchemy of Finance yang menguraikan filosofi investasinya tanpa menggunakan prinsip umum untuk memprediksi dan menafsirkan pasar.

Konsep inti dalam Alchemy Soros adalah "Refleksivitas", yang berarti gagasan bahwa pasar bergerak menurut pemikiran melenceng yang memperkuat dirinya yang mempengaruhi "bukan hanya harga pasar, tetapi juga sesuatu yang sering disebut fundamental yang diandaikan akan dicerminkan oleh harga pasar." [The Alchemy of Finance, George Soros, Hobohen, NJ: John Wiley & Sons: 2003, h.5]

Lengkapnya silahkan baca komiknya. :)

 
© 2008 GandhiAnwar.Com. All rights reserved. Powered by Gandhi Anwar