Tuesday, June 24, 2008

A Thousand Splendid Suns

Aha! Ini dia buku debutan Khaled Hosseini yang ke-2. Tak kalah seru dan menariknya dengan buku pertamanya, The Kite Runner. A Thousand Splendid Suns pun masih berkisar pada genre yang tak jauh beda dengan The Kite Runner. Masih berlatarkan kehidupan Afghannstan yang 'keras'. Masih menyisakan bau mesiu dengan aroma dentuman yang khas. Hampir masih sama.

Novel ini bermula dari kisah seorang Mariam dan Nana yang hidup dalam keterbatasan, keterbatasan karena 'kesalahan' hingga membuat mereka 'harus rela menerima' segala konsekuensi budaya. Hingga stempel 'harami' selalu melekat erat dalam kehidupan Mariam.

Anak haram! Itu yang selalu diujar Nana pada Mariam tat kala Mariam bersikeras ingin menemui Jalil, ayah yang tak pernah secara sah mengakuinya sebagai anak. Hingga pada suatu ketika, kenekatan Mariam harus dibayar mahal dengan hilangnya nyawa Nana. Nana Gantung Diri!

Sontak kehidupan Mariam pun berubah. Ia tapaki 'kerasnya' tanah Afghan seorang diri. Tak ada yang peduli karena ia seorang harami. Mencoba mengais cinta dalam gersangnya siang, mencari asa dalam cekaman angin malam.

Cara penyampaian Khaled Hosseini yang menawan, mampu memberikan kesan mendalam atas novel ini. Adorable!

 
© 2008 GandhiAnwar.Com. All rights reserved. Powered by Gandhi Anwar