Saturday, June 21, 2008

Belajar dari TOYOTA

Hm, siapa yang ga kenal dengan Brand yang satu ini? Memang tidak pernah terbayangkan bahwa cikal bakal Toyota yang digagas oleh seorang petani sederhana bernama Sakichi Toyoda yang bekerja di daerah pedalaman di Jepang dan sekarang ini dikenal sebagai Toyota City in Japan justru telah mengubah secara radikal wajah manufaktur yang selama ini ada. Dan tidak ada satu perusahaan pun yang mampu meniru kesuksesan yang telah di buat oleh Toyota sejak perang dunia ke-2 sampai sekarang.

Dikatakan bahwa kegagalan perusahaan lain dalam mengimplementasikan manajemen ala toyota tak lain dan tak bukan adalah karena mereka hanya meniru teknik.
Teknik memang bernilai, tetapi orang tidak dapat membuat teknik itu berguna kalau tidak tertantang dan didukung oleh proses pembelajaran sehingga teknik tersebut menjadi berdaya guna.Dilemanya adalah orang cenderung ingin cepat mengopi penampilan prima dari Toyota, tetapi mereka tidak mau bekerja keras untuk mengubah perilakunya dengan mereplikasi budaya dan infrastruktur yang ada di Toyota.

Dan satu lagi yang membuat Toyota mampu bertahan adalah, Pengembangan dan Pembelajaran Talenta. Seorang manajer harus bisa mengembangakan talenta yang ada.

Ditulis ulang dengan beberapa perubahan redaksi. Dan di posting ulang dari blog saya yang ini

 
© 2008 GandhiAnwar.Com. All rights reserved. Powered by Gandhi Anwar