Tuesday, June 24, 2008

Belajar dari Orang Kampung, IPUNG!

Awal mulanya hingga buku bersampul sederhana seperti di samping ini bisa kuboyong ke kamar adalah karena sebuah Intimidasi! Ya karena intimidasi abang penjual berbaju biru itu serta kombinasi hasrat hati untuk memiliki. Hi hi hi...

IPUNG, demikian judulnya. Judul yang sederhana dengan 'embel-embel' "Novel Motivasi Pembangkit Kepercayaan Diri" dibawahnya. Layak untuk anda baca!

Bagaimana tidak, Novel yang ditulis oleh Prie GS ini adalah novel genre remaja yang syarat akan makna, peka akan kehidupan sosial dan jauh dari kesan cerita remaja kebanyakan yang 'mengumbar' tema cinta 'murahan'. IPUNG menjadi novel yang sangat spesial di jajaran novel bergenre serupa karena isi yang ditawarkannya.

Kalau tidak mau dikatakan berlebihan, saya kira tiap bait yang disajikan dalam novel IPUNG ini mampu menawarkan 'nyawa baru' bagi siapa saja yang membacanya. Kita bisa belajar banyak dari semua tokoh yang dihadirkan dalam novel ini, terlebih dari Ipung dan Paulin yang menjadi sentral ceritanya.

Sosok Ipung yang diceritakan sebagai seorang wong deso, akan mampu menyadarkan diri kita yang selalu mengeluh dari 'kekurangan', yang selalu menghindar karena 'keterbatasan'. Selain itu, Ipung telah memberi sisi lain kehidupan akan kerasnya dunia urban-metropolitan. Namun Ipung tetap bisa bernegosiasi dengan indah menghadapi kerasnya hidup. Cerdas!

IPUNG adalah novel pembelajaran yang telah memberikan banyak pelajaran tentang kehidupan. Cerita yang membumi dan disajikan dengan sederhana penuh makna. Luar biasa.

Belajar dari Orang Kapung, IPUNG! Patut dicoba. :)

 
© 2008 GandhiAnwar.Com. All rights reserved. Powered by Gandhi Anwar